Selasa, 25 Oktober 2011

OLI SAMPING

mari kita ngomongin oli...oli samping adalah satu hal yg memegang peranan kunci pada motor dengan mesin 2Tak. Pemilihan oli samping yg tepat dengan kondisi motor dan cuaca akan sangat mempengaruhi usia dan kondisi mesin.

Jenis-jenis oli motor secara umum dibedakan atas 3 jenis yaitu :
  1. Mineral Oil, yaitu oli motor yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi / alam.
  2. Semi synthetic oil (synthetic blends) yaitu oli campuran antara mineral oil dan tidak lebih dari 30% synthetic oil.
  3. Fully synthetic oil, yaitu suatu jenis oli buatan (dikembangkan oleh Insinyur Jerman pada tahun 1940-an), dimana oli ini sanggup melindungi mesin pada suhu yang extrem baik dingin ataupun panaz…!!! Proses pembuatannya sendiri menggunakan Fischer-Tropsch Process, yaitu melakukan katalisasi reaksi kimia, dimana merubah dari carbon monoksida dan hydrogen menjadi liquid hydrocarbons.
dari smuanya, yg terbaik jelas oli jenis fully synthetic (baru semi-synthetic dan terakhir mineral-oil). Karena Pada suhu yang ekstrem, oli jenis ini masih mempunyai viscositas index yang bagus. cm harganya bakal sangat mahaaaaalll... ahahahhaah






banyak sekali beredar oli samping dengan merk terkenal mulai harga 15rebu ampe 150rebu. ada Agip yg cm 16.500... tp dijamin mesin jebol klo kebanyakan pakai itu. ada Shell VX, oli ini bagus, tp infonya, dulu oli ini dapet grade JASO FC, tp sekarang turun jadi JASO FB.
spesifikasi motor ninja membutuhkan oli samping dengan grade JASO FC atau lebih, sehingga kerak sisa pembakaran dan emisi gas buang dapat ditekan.


Pengalaman pribadi, saya lebih milih oli Idemitsu Racing 2T daripada oli mahal yg banyak di jual... ahahhahaha


oh, skdar info, Idemitsu hampir jadi barang langka sekarang, carinya gampang gampang susah, apalagi klo lg touring masuk2 pedalaman. oli dengan harga 40.000 ini carinya setengah mati! saking susahnya cari ini oli, dulu pernah pakai castrol, terpaksa sih, gr2 kehabisan oli waktu touring. nah selang 3 hari abis isi castrol, mesin tiba2 mati saat lg gas poll. malunya ga kebayang! mogok pula!
jadi deh itu motor di dorong ke bengkel, ring seher leleh, o-ring kebakar, seher dan blok baret. sial banget.
balik lg ke pengalaman pribadi, mesin udah diberesin, jadilah motor dipakai touring KNC ke subang, kali ini sudah siap siap, oli samping pakai Idemitsu.

pulang dari subang (kurang lebih 8jam perjalanan nonstop) motor berasa hilang tenaga, berhenti dah dipinggir jalan. motor berasap putih kemilau!! sial nih, radiator kali ini, kering kerontang radiator saya!! ajaibnya, setelah diisi air sehat lg ini motor, bisa deh dipakai pulang, masuk bengkel lg. tp kali ini cm ganti perpak mesin.
coba masih pk oli merk terkenal, dijamin hancur dh mesin gw... ahahahahahahhaa

5 komentar:

  1. Mantap, terima kasih, klo idamitsu ke super kipsnya gmn??

    BalasHapus
  2. Kalo aku masbro pake asli bawaan dealer .kawasaki 2T Denpasar-Malang nonstop ok aja...

    BalasHapus
  3. Pakai oli yang asli lebih aman menurutku

    BalasHapus
  4. Aku pakai Agip sejak 1999, Dan sampai sekarang tidak ada masalah. Oiye, aku pakai King 96

    BalasHapus
  5. Saya juga pakai agip buat ninja sama rx king saya tapi gakk apa apa

    BalasHapus